Wednesday, April 13, 2011

Belajar Dari Tanah

Tanah itu netral. Nggak asam nggak basa pula. Dan tanah juga bisa netralin asam sama basa pula. Dalam kimia juga pH (derajat keasaman) tanah itu 7, nggak asam nggak basa.

Bahkan tanah bisa netralin pestisida sama obat-obat kimia, tapi butuh ratusan taun biar bener-bener netral sama tanah. ndan pasti sering denger pencemaran air laut atawa sungai. Kalo pencemaran tanah? Itu juga ada sih... Coba baca buku IPA bekas ndan atawa punya adik, tetangga atawa sodara ndan Pasti ada

Kalo saja tanah nggak netral pH-nya, nggak ada tanaman yang bisa tumbuh bener, bahkan ada tanaman yang langsung mati! Asam atawa basa dikit aja ngaruhnya gede banget buat tanaman. Kayak air, tanah dikatakan tercemar kalo pH-nya nggak normal atawa ada unsur kimia asing yang terkandung, semacem Merkuri bahkan sisa bom nuklir!(CMIIW ).
Tanah itu dingin. Kecuali kalo ndan bikin snack tanah bakar yang rasanya rasa tanah itu lho.... tapi emang sipat dasar tanah itu dingin. Kalo mau coba aja ndan dikubur (amit-amit jabang baby ) atawa jadi tukang gali sumur deh... pasti ndan ngerti kenapa tanah dingin.

Makin dalam tanah, makin dikit panas yang diterima dari matahari. Matakna, tukang tambang sama tukang gali sumur sering kedinginan kalo udah di dalem gua atawa di lobang sumur, secara suhu di dalem sana bisa sampe 0 derajat Celcius, bahkan bisa kurang lho! Mereka, tukang nambang bijih-bijihan bahkan tukang gali sumur kadang kena kondisi yang namanya Hypothermia (kedinginan bahasa kewl-nya). Yang bunuh diri nyemplung ke sumur juga diotopsi kebanyakan kena Hypothermia ini (sotoy moden ).
Tanah itu kokoh. Kenapa banyak bangunan sekarang pake tembok, bahkan dicor? Biar kuat, kan? Coba pikir bahan dasarnya tu bahan-bahan bangunan, kayak pasir, semen, sama beton apaan? Tanah, ndan! sama juga batanya dari tanah...

“Batu malah lebih kuat...”

Yo’i ndan. Tapi kan batu itu unsur-unsurnya sama kayak tanah, bedanya unsur-unsurnya batu direkat sama “semen” alam yang melalui pemanasan, pemapatan sama pendinginan alami. (CMIIW kalo masih belum ngerti coba baca buku Geologi. Nggak ketemu kalo maca dari buku Gigologi mah ).
Tanah dapat menyerap air (dan madamin api). Nah lho?!

Kalo jalanan aspal atawa yang udah dicor, atawa tempat yang ditembok lantainya... air nggak bisa nyerap, dan kalo nyerap juga lamaa banget . Tapi kalo tanah, dengan cepatnya tanah bisa nyerap air hujan. Air yang diserap tanah ditampung di dalam tanah. Kalo di gunung-gunung, air dari dalam tanah itu kadang nyembul keluar. Ini yang orang sebut air tanah (ci liang), sebuah mata air yang airnya sueger pisan euy .

Sekotor-kotornya air secara alami bisa disaring sama tanah, lho! Buktinya, liat aja air botolan atawa air galonan ndan. Pasti ada kata-kata “dari mata air pegunungan.” Dan nggak usah ribet-ribet disaring ampe 100 kali juga tetep air tanah yang alami itu bisa langsung diminum (itu juga kalo ndan udah kebiasa hidup di alam bebas sama si mata airnya masih “perawan”. Nggak bakalan nanggung kalo ndan langsung minum dari mata air langsung tanpa pengawasan ahli... kena diare bisa berabe ndan.. ).

Dan soal bisa madamin api, coba deh ndan bakar kayu terus kubur langsung di tanah yang kering aja. Pasti padam tuh api . Secara api butuh udara biar terus berkobar, tanah nutup akses udara sekaligus “ngompres” si kayu terbakar itu dan fuh...! Si kayu bakar udah padam. Beda sama air yang kalo dipanasin nguap, tanah kalo dikomporin tetep pada bentuknya semula, tanah. Kalo tanah liat, api manasin si tanah liat dan jadi mengeras. Tanah liat banyak dipake buat bikin semacem guci, gentong tanah liat bahkan juga asalnya dari tanah liat Tanah tahan panas, kecuali kalo ndan manasinnya kayak ngecor besi . ndan tau tanah liat / terakota? Itu tanah -tanah liat- yang dipanaskan malah jadi keras dan bisa bernilai seni kalo ndan emang kreatip bikin gerabah... dan kalo gerabahnya pecah? Nanti juga jadi debu dan jadi bagian tanah lagi.... Dari tanah kembali ke tanah! (berlaku pula buat keramik, genteng rumah, semen, dan lainnya termasuk ) Tanah itu media terbaik dalam pelapukan dan penguraian unsur-unsur dari mahluk hidup atawa benda mati.

Contoh, nih... Daun kering yang jatuh ke tanah dengan bantuan mikrobakteri sama pengurai dibikin nutrisi dan jadi “bekal makan” tumbuhan yang kecil semacam Toge (Toge kecambahBlah ) sama tumbuhan perpakuan atawa yang sekaliber jati, alpuket bahkan Redwood yang gedenya bikin di Amrik sono! Gitu juga sama kayu mati, bangke hewan nggak terkecuali jasad manusia yang dikubur. Semuanya lapuk “dimakan” tanah buat generasi selanjutnya...

Soal bangke, bau bangke nggak kecium selamanya. Suatu saat pasti hilang ndiri. Nggak berlaku kalo baunya dikenang sepanjang masa atawa bangkenya muncul lagi, nggak lapuk sama tanah.

Terus hubungannya sama “belajar dari tanah”nya itu apaan?
 Ambil poin-poin dari sipat-sipat tanah tadi.
Netral. Nggak mihak siapa-siapa, bersikap netral dalam perkara. Cari sudut pandang dari semua pihak dan ndan bakal nemuin hal yang bikin ndan terkaget!
Dingin. Dingin dalam ngadepin masalah. Stay cool and calm. Dibawa pake kepala mendidih malah bikin runyem masalah, kan?
Kokoh. Tetep sama pendirian ndiri, sama kayak gedung jaman ayeuna, mau diterpa angin puting beliung juga manteng terus....
Menyerap dan memadamkan. Hayati dulu apa yang diadepin, kalo perlu padamkan amarah sama napsu dulu kalo nggak sreg sama kemauan ndan.
Tahan panas. Kayak komputer pake pendingin Freon + kipas segede kipas angin ruangan. Nggak mudah kebawa suasana. Apapun ditanggepin pake kepala dingin (dan hati yang lapang tentunya ).
Media pengolahan yang baik. Semua masukan dari manapun diolah sama ndan dulu, terus tunjukin hasil pemikiran ndan mau bagus mau nggak pula... Pastinya semua orang bakal ngerti maksud ndan, paling nggak mah ngehargain ndan...

Lagian, kalo mau beli tanah palagi di kota mahal ndan... Karena tanah juga menjadi pijakan pada awal dan akhir sebuah perjalanan ndan. Segala yang dari tanah akan kembali ke tanah. Sebuah usaha (kecuali kalo jadi tukang tambal ban atawa buka SPBU di awang-awang sono ) pasti harus ada tanah tempat berpijak dan bertumpu.

[Repsol dari : Sini]

0 comments

Post a Comment